Selasa, 15 Oktober 2019

RUMUS MS.EXCEL 2016

Microsoft Excel yaitu sebuah aplikasi spreadsheet yang telah dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat banyak berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya.

Yang menarik lagi dari Microsoft Excel ialah banyaknya fungsi – fungsi dan rumus – rumus yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.

 dalam Microsoft Excel juga memiliki bnyak rumus dan fungsi, mulai dari yang pertama yaitu : average/ mencari rata rata di excel , pengurangan, sum, vlookup, if, hingga banyak lagi mencari persen di excel.

BEBERAPA RUMUS DALAM EXCEL


CaraPenjumlahan Excel 


Cara yang paling dasar untuk melakukan penjumlahan pada microsoft Excel adalah dengan menggunakan operator plus (+) atau simbol tambah.

Cara penulisan rumus excelnya sama seperti saat kita menuliskan soal penjumlahan pada umumnya. Misalkan kita ingin menjumlah angka 130,170,110,90,180 dan 190 maka rumus excelnya kita tulis :

=130+170+110+90+180+190


Rumus Penjumlahan Excel

Jika ingin menjumlahkan angka-angka di dalam sebuah cell atau range excel, misalnya ingin menjumlahkan angka pada cell C2 hingga C7, maka rumus excel penjumlahannya adalah sebagai berikut:

=C2+C3+C4+C5+C6+C7

Cara menggunakan rumus microsoft excel adalah dengan menuliskan tanda sama dengan (=) untuk mengawali setiap penulisan rumus excel.


Rumus Pengurangan Excel


Bagaimanakah cara melakukan pengurangan di excel?

Cara menggunakan microsoft excel untuk melakukan pengurangan nilai data adalah dengan menggunakan operator minus (-).

Excel tidak menyediakan fungsi khusus seperti rumus penjumlahan dengan fungsi SUM. Kenapa demikian? saya tidak tahu. ehehehehe.

Cara menggunakan rumus pengurangan di excel cukup sederhana, seperti menuliskan soal pengurangan. Hanya saja pada awal rumus harus dikasih tanda sama dengan (=), ini sebagai tanda bahwa yang kita tuliskan adalah sebuah rumus excel/formula. Hal ini berlaku dalam penulisan rumus excel apapun.

Sebagai contoh untuk mengurangi angka 130 dengan angka 70 rumus excelnya adalah:

=130-70


Untuk mengurangi angka di dalam cell tertentu misalnya cell C2 dikurangi dengan nilai angka cell B2 maka rumus excel pengurangannya adalah sebagai berikut:

=A6-A2


Perhatikan contoh rumus excel pengurangan pada cell E2 berikut:

Rumus Pengurangan Excel


Cara Perkalian Excel


Cara pertama yang digunakan untuk melakukan perkalian di excel adalah dengan menggunakan operator asterik atau tanda bintang (*).

Misalnya untuk mengalikan angka 2 dan 3 maka rumus perkaliannya adalah:

=2*3


Contoh lain rumus perkalian excel antar cell dengan tanda bintang, misalnya untuk mengalikan sel C2 dengan D2 seperti pada gambar berikut, rumus excel yang digunakan adalah:

=C2*D2


Rumus Perkalian Excel

Pada prakteknya Anda tidak perlu mengisi rumus secara manual pada setiap cell di bawah Cell E2. Setelah memasukkan rumus excel perkalian pada Cell E2, Anda cukup melakukan copy paste pada cell-cell lain dibawahnya.


Rumus Pembagian Excel


Bagaimanakah rumus pembagian angka di excel?

Untuk melakukan pembagian sederhana di excel, gunakanlah operator slash atau garis miring(/).

Cara menggunakannya untuk membagi angka pada rumus excel sama dengan cara-cara sebelumnya.

Misalnya untuk membagi cell A1 dengan Cell A2, rumus bagi yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

=A1/A2


Ingat bahwa sebuah angka tidak boleh di bagi dengan nol (0). Pada excel jika terjadi hal semacam ini maka akan menghasilkan sebuah nilai error #DIV/0.



Seperti yang semestinya kita ketahui excel mengikuti aturan internasional dalam hal perhitungan sehingga peletakan tanda kurung "( )" juga akan mempengaruhi hasil perhitungan dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian.


Fungsi/Rumus MIN dan MAX, Cara Mencari Nilai Terendah dan Tertinggi Pada Microsoft Excel

Pada microsoft excel cara untuk mencari nilai tertinggi dan terendah adalah dengan menggunakan fungsi MAXdan fungsi MIN.

Fungsi MAX adalah fungsi excel yang digunakan untuk menentukan nilai tertinggi (angka maksimum) dari sekumpulan nilai atau untuk mendapatkan nilai terbesar dari sejumlah data.

Sedangkan Fungsi MIN adalah fungsi excel yang digunakan untuk menentukan nilai terendah (angka minimum) atau untuk mengetahui nilai terkecil dari sejumlah data dalam bentuk angka.


Fungsi MAX Excel


Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai/angka paling tinggi dari sekumpulan data.

Cara Menggunakan Fungsi Max Excel


Pada rumus excel cara penulisan fungsi MAX adalah sebagai berikut:

MAX(Number1; [Number2]; ...)


Keterangan sintaks:

Number1
Merupakan sekumpulan angka, nama range, array, atau referensi sel yang berisi angka-angka yang kita ingin cari nilai tertinggi atau maksimumnya.
[Number2], ...
(Opsional) Angka, nama range, array atau referensi sellain yang akan kita ikutkan untuk dicari nilai paling terbesarnya. Maksimal kita bisa menambahkan sampai 255 argumen pada fungsi Max ini.


Contoh Rumus Max Excel


Contoh Fungsi MAX Excel

Pada gambar diatas untuk mencari nilai tertinggi pada range A2:A10 adalah dengan menggunakan rumus excel:

=MAX(A2:A10)


Pada range tersebut, nilai tertingga adalah 95.



Fungsi MIN Excel


Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai/angka paling rendah dari sekumpulan data.


Cara Menggunakan Fungsi MIN Excel


Pada rumus excel cara penulisan fungsi MIN adalah sebagai berikut:

MIN(Number1; [Number2]; ...)


Keterangan sintaks:

Number1
Merupakan sekumpulan angka, nama range, array, atau referensi sel yang berisi angka-angka yang kita ingin cari nilai terendah atau nilai terkecilnya.
[Number2], ...
(Opsional) Angka, nama range, array atau referensi sel lain yang akan kita ikutkan untuk dicari nilai paling kecilnya. Paling banyak kita bisa menambahkan sampai 255 argumen pada fungsi Min ini.


Contoh Rumus Min Excel


Contoh Fungsi MIN Excel

Pada contoh gambar diatas untuk mencari nilai terendah pada range A2:A10 adalah dengan menggunakan rumus excel:

=MIN(A2:A10)


Seperti yang terlihat di contoh gambar bahwa nilai teredah pada range A2:A10 adalah 60.


Contoh dan Cara Menggunakan Rumus MIN & MAX Pada Excel


Pada saat menggunakan fungsi MIN dan MAX pada rumus-rumus excel, Jika argumen pada fungsi MIN atau MAX tidak berisi angka, maka fungsi MAX atau MIN pada excel akan menghasillkan nilai 0 (nol). Perhatikan co

Contoh Rumus Min dan MAX Excel Menghasilkan Nilai 0

Jika argumen berupa array atau referensi sel, maka hanya angka dalam array atau referensi sel tersebut yang digunakan. Sel kosong (Blank Cells), nilai logika (TRUE/FALSE), atau teks di dalam array atau referensi sel akan diabaikan.


Contoh Rumus Min dan MAX Excel Mengabaikan Blank Cells dan Nilai Logika

Pada contoh diatas sel kosong dan nilai logika diabaikan saat menggunakan fungsi MAX dan MIN.

Keterangan diatas tidak berlaku jika nilai logika atau teks yang merepresentasikan angka kita tulis secara langsung ke dalam daftar argumen fungsi MIN atau MAX.

Jika kita tuliskan secara manual ke dalam argumen maka nilai logika dan teks yang merepresentasikan angka akan ikut dihitung dalam mendapatkan nilai terendah atau tertinggi.

Perhatikan penggunaan rumus Min dan Max pada contoh gambar berikut:

Contoh Rumus MAX dan MIN Excel Mengabaikan Teks dan Nilai Logika

Pada contoh diatas rumus MIN pertama:

=MIN(C2:C10)


dan rumus MAX pertama:

=MAX(C2:C10)


Pada kedua rumus excel diatas, seperti dalam contoh nilai logika TRUE(1) dan FALSE(0) diabaikan oleh fungsi MIN excel maupun fungsi MAX Excel. begitu pula dengan angka dalam format teks. Sehingga dihasilkan nilai terendah adalah 60 dan nilai tertinggi adalah 95.

Namun pada rumus MIN kedua:

=MIN(60;70;75;TRUE;95;"100";70;60;90)


dan rumus MAX kedua :

=MAX(60;70;75;TRUE;95;"100";70;60;90)


Nilai logika (TRUE/FALSE) dan Teks representasi angka ("100") tidak diabaikan oleh fungsi Min dan Max. Sehingga pada rumus kedua nilai terendah yang didapat adalah 1 (True), sedangkan nilai tertinggi yang dihasilkan adalah 100.


Pada rumus excel angka yang ditulis di apit oleh tanda petik ganda ("...") akan dianggap sebagai teks. Begitu pula angka yang diketik pada sel dan diawali dengan tanda petik tunggal ('123) akan dianggap sebagai teks.


Rumus Terbilang Excel Manual Tanpa Macro Untuk Merubah Angka Menjadi Huruf

Rumus Terbilang Excel Rupiah


Rumus Terbilang Excel Rupiah

Dalam kasus ini rumus terbilang excel kita gunakan untuk merubah angka menjadi kalimat atau huruf terbilang seperti ejaan bahasa Indonesia pada umumnya. Rumus terbilang manual-nya adalah sebagai berikut:

=IF(A1=0;"nol";IF(A1<0;"minus ";"")&
SUBSTITUTE(TRIM(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE(
IF(--MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");1;3)=0;"";MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");1;1)&" ratus "&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");2;1)&" puluh "&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");3;1)&" trilyun ")&
IF(--MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");4;3)=0;"";MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");4;1)&" ratus "&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");5;1)&" puluh "&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");6;1)&" milyar ")&
IF(--MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");7;3)=0;"";MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");7;1)&" ratus "&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");8;1)&" puluh "&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");9;1)&" juta ")&
IF(--MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");10;3)=0;"";IF(--MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");10;3)=1;"*";MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");10;1)&" ratus "&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");11;1)&" puluh ")&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");12;1)&" ribu ")&
IF(--MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");13;3)=0;"";MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");13;1)&" ratus "&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");14;1)&" puluh "&MID(TEXT(ABS(A1);"000000000000000");15;1));1;"satu");2;"dua");3;"tiga");4;"empat");5;"lima");6;"enam");7;"tujuh");8;"delapan");9;"sembilan");"0 ratus";"");"0 puluh";"");"satu puluh 0";"sepuluh");"satu puluh satu";"sebelas");"satu puluh dua";"duabelas");"satu puluh tiga";"tigabelas");"satu puluh empat";"empatbelas");"satu puluh lima";"limabelas");"satu puluh enam";"enambelas");"satu puluh tujuh";"tujuhbelas");"satu puluh delapan";"delapanbelas");"satu puluh sembilan";"sembilanbelas");"satu ratus";"seratus");"*satu ribu";"seribu");0;""));"  ";" "))


Kog rumus excelnya panjang banget? ahahahahahaa... Meskipun panjang kan tinggal copy paste saja.

Pada rumus terbilang diatas referensi sel A1 merupakan angka yang akan diubah menjadi teks/huruf terbilang.

Anda bisa juga menambahkan teks rupiah pada akhir rumus di atas, sehingga rumus terbilangnya menjadi:

=RumusTerbilang & " Rupiah"



Cara Menggabungkan Nilai Cell Dengan Perintah FILL-JUSTIFY


Selain menggunakan operator ampersand(&) seperti cara sebelumnya Anda juga dapat menggabungkan kolom excel dengan Perintah Fill--Justify.

Cara ini efektif jika data yang akan digabungkan berbentuk kolom dan tidak dinamis atau berubah-ubah.

Pada contoh berikut saya akan menggabungkan nama-nama bulan sehingga menjadi satu cell.

Cara menggabungkan kolom excel dengan perintah Fill--Justify adalah sebagai berikut:

  1. Seleksi data teks yang ingin digabungkan
    Menggabungkan Teks Excel dengan Fill Justify 1
  2. Perlebar ukuran kolom kira-kira dapat menampung hasil gabungan teks
    Menggabungkan Teks Excel dengan Fill Justify 2
  3. Selain melebarkan ukuran kolom, langkah no. 2 juga bisa Anda ganti dengan menseleksi beberapa kolom sekaligus sesuai ukuran hasil gabungan. Misalnya kolom A1:G12 pada contoh diatas.
  4. Pilih Tab Home--Editing--Fill--Justify, seperti yang terlihat digambar.
    Menggabungkan Teks Excel dengan Fill Justify 3
  5. Jika teks belum tergabung semua anda dapat mengulangi lagi langkah-langkah diatas.
    Menggabungkan Teks Excel dengan Fill Justify 4


Menu atau fitur fill Justify ini hanya dapat digunakan untuk menggabungkan teks. Sehingga jika data yang digabungkan mengandung data angka (numeric) maka fitur Fill Justify tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Selain itu fitur ini hanya mampu menampung maksimal 255 Karakter teks excel.

Selain untuk menggabungkan teks fitur FILL excel ini bisa juga digunakan untuk membuat nomor urut. Dengan fitur ini cara membuat nomor yang berurut sampai jutaanpun akan lebih mudah dan cepat sehingga lebih efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RUMUS MS.EXCEL 2016

Microsoft Excel yaitu sebuah aplikasi spreadsheet yang telah dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, d...